10 Rekomendasi Film Psikologis Tentang Kepribadian

105

Rekomendasi film psikologis yang akan waabeh sajikan mampu membentuk pribadi kamu menjadi lebih baik lagi, dengan berbagai pembelajaran yang ada, dan tentu nya secara dikhususkan pembentukan secara psikologis. Dari sini kamu akan belajar banyak hal, dari segi yang paling gelap sampai segi yang paling terang dari suatu sifat seseorang.

Silahkan nikmati sajian dari waabeh dengan 10 daftar paling direkomendasikan mengenai film psikologis yang mengusung topik kepribadian yang sangat menarik untuk dipelajari.

10 Rekomendasi Film Psikologis Tentang Kepribadian

10 Film Psikologis

Diurutkan dari tahun terlama hingga sampai tahun terbaru, dan juga berdasarkan rating dari IMDB berikut daftar rekomendasi 10 film psikologis tentang kepribadian.

The Silence Of The Lambs (1991)

Film Psikologis - The Silence Of The Lambs 1991

Masuk ke film psikologis yang pertama ini ada film The Silence Of The Lambs yang rilis pada tahun 1991. Film ini menceritakan tentang seorang calon anggota FBI bernama Clarice Starling yang ditugaskan untuk memeriksa tahanan bernama Hannibal lecter salah satu pasien rumah sakit jiwa.

Sebenarnya Hannibal lecter merupakan seorang psikiater yang kredibel, dia ditangkap karena kasus pembunuhan disertai kanibalisme. Clarice Starling wajib mendapatkan informasi mengenai Buffalo Bill dari Hannibal, akan tetapi memahami Hannibal sebagai seorang psikiater pastinya Clarice harus selalu waspada, karena Hannibal dapat mengetahui karakter manusia dan dengan gampangnya mengecohnya. film The Silence Of The Lambs ini yang rilis pada tahun 1991 memiliki rating 8,6 di IMDB.

Me, Myself, and Irene (2000)

Film Psikologis - Me, Myself, and Irene 2000

Jika sedang tidak mood untuk menonton film dengan banyak aksi apalagi nonton film yang menyeramkan, film yang satu ini mungkin cocok buat kamu. Film Me, Myself and Irene bisa jadi pilihan, film yang memadukan komedi dengan aktor Jim Carrey ini menceritakan tentang Charlie seorang polisis di Rhode Island negara bagian Amerika. Charlie yang memiliki karakter sabar dan juga menyenangkan ini memiliki nasib yang kurang beruntung disaat berada di luar rumah.

Kerap kali diperlakukan tidak menyenangkan yang terlampau batas hingga membuat sosok kepribadian lain muncul. Uniknya kedua kepribadian yang dimilikinya sama-sama jatuh hati dengan gadis yang bernama Irene. Dua kepribadian yang berada di tubuh Charlie saling berebut untuk mendapatkan perhatian Irene yang membuatnya kebingungan. Film psikologis Me, Myself, and Irene yang dirilis di tahun 2000 ini mendapatkan cukup rating 6,6 di IMDB.

He Loves Me, He Loves Me Not (2002)

Film Psikologis - He Loves Me, He Loves Me Not 2002

Meski berkisah tentang percintaan, film He Loves Me, He Loves Me Not ini tak masuk genre film adegan percintaan yang diharapkan. Film yang dirilis di tahun 2002 dengan perolehan rating 7,2 di IMDB ini bercerita tentang Angelique yang mengidap sindrom erotomania. Penyakit erotomania ini dapat membuat seseorang penderitanya. Penyakit erotomania membuat seseorang mempercayai dan merasakan jika orang lain yang tak dikenalnya bisa jatuh hati dengan dirinya.

Angelique menaruh hati kepada Loic seorang dokter ahli jantung yang tak dikenalnya sama sekali. Hingga membuat dirinya dapat melakukan tindakan apapun untuk mendapatkan lelaki pujaan hatinya. Padahal Loic sendiri sudah berkeluarga dan memiliki istri yang sedang mengandung 5 bulan. Film psikologis He Loves Me, He Loves Me Not besutan sutradara Laetitia Colombani ini memiliki rating 7,2 di IMDB.

Identity (2003)

Film Psikologis - Identity 2003

Film yang memiliki kandungan unsur kekejaman dan pembunuhan dengan alur cerita kesepuluh orang yang tak saling mengenal berada di tempat terpencil yang terisolir akibat hujan badai. Mereka singgah di Hotel yang ternyata ada seorang polisi yang membawa seorang tahanan. Kengerian dimulai dengan kematian satu persatu penghuni hotel. Yang anehnya kematian penghuni berdasarkan urutan nomor kamar hotel. Film psikologis yang disutradarai oleh James Mangold yang dirilis tahun 2003 ini memperoleh rating 7,3 di IMDB.

Gone Girl (2004)

Film Psikologis - Gone Girl 2004

Diambil dari kisah novel karya Gillian Flynn film Gone girl menceritakan keretakan rumah tangga yang dialami pasangan Nick Dunne yang dibintangi Ben Affleck dan Ammy Dunne yang dibintangi Rosamund Pike. Dibalik keharmonisan mereka yang ditunjukkan orang-orang terdekatnya ternyata menyimpan permasalahan. Konflik keduanya mulai terasa saat Amy Dunne tak terlihat di ulang tahun pernikahan keduanya.

Hingga pihak kepolisian menyelidiki tentang hilangnya Amy, ditemukan beberapa fakta yang membuat Nick Dunne dijebloskan ke penjara. Bukti berupa buku diary sang istri hingga temuan bercak darah di beberapa sudut kediaman mereka berdua. Film arahan David Fincher yang rilis pada tahun 2004 ini berhasil memperoleh 350 juta dollar, yang membuat film ini menjadi Film psikologis terpopuler dengan rating 8,1 di IMDB.

Fiksi (2008)

Film Psikologis - Fiksi 2008

Salah satu film psikologis Indonesia besutan Joko Anwar yang layak kamu tonton. Film yang menceritakan seorang gadis yang trauma akan masa lalunya meski tergolong anak yang dari keluarga terpandang. Gadis 20 tahun yang diperankan Ladya Cheryl bernama Alisha mengalami trauma psikologis berat akibat ibunya yang bunuh diri saat dirinya masih kecil.

Hingga dirinya menaruh dendam kepada sang ayah yang diketahui berselingkuh. Alisha yang memiliki kepribadian yang tertutup, tak memiliki teman dan bahkan sangat sedikit interaksi dengan lingkungan rumah. Singkat cerita Alisha menaruh hati pada Bari yang menjadi pekerja di rumahnya.

Obsesinya terhadap Bari membuat Alisha mengikuti ke sebuah rumah susun yang ditinggali Bari. Menyamar sebagai Mia dan tinggal disebelah rumah Bari, membuat mereka saling kenal dekat. Kejadian misterius pun mulai terasa, obsesi Alisha dalam membantu Bari dalam menyelesaikan tulisan yang dibuat Bari yang terinspirasi dari para penghuni rumah susun itu. Garapan sineas Indonesia mampu mencuri perhatian dan mendapatkan rating 7,5 di IMDB.

Joker (2019)

Film Psikologis - Joker 2019

Film yang booming garapan DC Comics ini sukses menghebohkan dunia perfilman. Film psikologis yang menceritakan seorang pria bernama Arthur bekerja sebagai badut. Ternyata dirinya memiliki kepribadian dimana sering tertawa tidak pada tempatnya. Kondisi semakin diperparah yang kedapatan membawa senjata saat sedang beraksi di depan anak-anak di suatu pesta.

Padahal Arthur sangat mencintai pekerjaannya, lalu berubah menjadi seorang yang sadis, bahkan ia merasa lega dan tenang usai membunuh korbannya. Bagi kamu yang belum menonton pastikan dalam kondisi yang happy ya. Karena film ini dapat mempengaruhi kondisi psikologis saat menontonnya terlebih saat sedang lemah. Film Joker mendapatkan rating 8,4 di IMDB.

Shutter Island (2010)

Film Psikologis - Shutter Island 2010

Film Psikologis arahan sutradara Martin Scorsese ini mengisahkan tentang seorang Marshal AS yang ditugaskan untuk menemui pasien gangguan jiwa. Ia ditugaskan bersama rekannya, namun kesulitan untuk mengidentifikasi dan menemukan pasien karena keterbatasan informasi dan saksi mata. Selain Mark Ruffalo dan Ben Kingsley juga ada aktor Leonardo diCaprio yang membintangi film Shutter Island. Meski alur cerita yang terasa lamban, namun di akhir cerita terdapat kejutan yang membuat kamu penasaran sampai tak berkedip dibuatnya. Film Shutter Island yang dirilis pada tahun 2010 memiliki rating 8,1 di IMDB.

Black Swan (2010)

Film Psikologis - Black Swan 2010

Film Psikologis selanjutnya ada Black Swan yang bercerita Tentang Nina Sayer yang memiliki karakter yang mulanya protagonis menjadi antagonis. Nina Sayer terobsesi menjadi seorang penari Balerina profesional. Dorongan ibunya menjadikan karakter Nina Sayer menjadi seorang yang perfeksionis dan ambisius menjadi Balerina. Karakter antagonisnya mulai muncul saat seorang balerina berbakat yang dianggap sebagai pesaingnya yang akan menggantikan dirinya di pentas utama. Namun sikap Nina dapat menghancurkan karirnya itu sendiri. Film Black Swan yang dirilis pada tahun 2010 ini memiliki rating 8,0 di IMDB.

Split (2016)

Film Psikologis - Split 2016 Poster

Film psikologis selanjutnya yang menceritakan seorang bernama Kevin Wendell Crumb yang dibintangi James McAvoy memiliki kepribadian ganda, tak tanggung-tanggung ia memiliki 23 kepribadian ganda. Mulai dari kepribadian wanita, kekanak-kanakan, dan bahkan psikopat.

Namun dari banyak kepribadian itu ada tiga kepribadian yang menonjol yang membuat diri Kevin tergerak untuk melakukan penculikan tiga gadis remaja. Penculikan itu bertujuan untuk memunculkan kepribadian ke 24 yaitu seorang kanibal, untuk itu ketiga gadis remaja ini diculik dan ditumbalkan. Film arahan sutradara M.Night Shyamalan ini masuk jajaran Box Office dan mendapatkan rating 7,3 di IMDB

Dari 10 rekomendasi film psikologis tentang kepribadian di atas film yang mana saja yang sudah kamu tonton?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1556

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Alert: Content is protected !!