6 Rekomendasi Film Joko Anwar Versi Waabeh

160

Film Joko Anwar memiliki sentuhan yang sangat berbeda. Sentuhan khasnya mampu membuat sebuah film menjadi menarik. Hingga film karya Joko Anwar selalu tak mengecewakan para penontonnya. Adapun genre film yang telah dibuatnya sangat luas. Meliputi genre film horor, action, drama dan genre lainnya. Sebelum membahas beberapa film yang pernah dibuat oleh sutradara terbaik ini, marilah kita mempelajari biografi Joko Anwar.

Dari namanya saja, orang akan mengetahui suku atau etnis dari Joko Anwar. Ia berasal dari suku Jawa. Namun demikian, ia dilahirkan di daerah Medan Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 3 Januari 1976. Tentu ini menjadi sebuah kejanggalan sebab namanya yang berciri khas Jawa tapi dilahirkan di daerah Batak. Ternyata Joko Anwar lahir dari dua keluarga berbeda yakni keluarga Batak dan Jawa.

Kini di tahun 2021, usianya sudah mencapai 45 tahun. Walaupun usianya sudah tak muda lagi, namun Joko Anwar masih produktif dalam membuat dan menyutradari sejumlah film Indonesia yang baru rilis dan film Indonesia yang berhasil meraih penonton terbanyak yang akan segera rilis di tahun ini.

Biografi Joko Anwar

Film Joko Anwar Biografi

Pria yang bernama lengkap Joko Anawar dilahirkan di daerah Sumatera Utara. Tepatnya ia dilahirkan di daerah miskin. Sehingga ia sudah terbiasa dengan pahit getir kehidupannya di waktu kecil. Pada waktu kecil, ia pernah menyaksikan sebuah film horor dan film aksi bela diri Kungfu. Sejak saat itulah, ia jadi gemar nonton film genre tersebut.

Pada waktu ia menempuh pendidikan di SMP, ia sudah beberapa kali menjadi sutradara sekaligus penulis dari pertunjukan drama yang diadakan di sekolahnya sampai ke luar sekolah. Acaranya selalu sukses besar dan mendapatkan pujian dari para penonton.

Joko Anwar adalah lulusan Insititut Teknologi Bandung (ITB) ini sekarang berprofesi sebagai seorang produser film, sekaligus penulis skenario, sutradara dan aktor. Film yang disutradarainya selalu mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Tak aneh, jika beberapa film Joko Anwar yang telah dibuatnya berhasil menghantarkan ia sebagai sutradara terbaik dan skenario terbaik.

Penghargaan yang telah diterima oleh Joko Anwar telah banyak yang berasal dari lembaga di dalam negeri maupun mancanegara. Seperti pada tahun 2008, ia dinobatkan sebagai pemenang Piala Citra kategori Penulis Skenario Fiksi Terbaik. Yang dilanjutkan pada tahun 2015 menyabet Piala Citra dalam penghargaan sebagai sutradara terbaik dalam filmnya berjudul Perempuan Tanah Jahanam dan A Copy of My Mind.

Kegemarannya terhadap dunia pentas atau peran membuat ia lebih memilih melanjutkan kuliah di jurusan Film. Namun orangtuanya tidak sanggup membiayai kuliahnya di jurusan tersebut yang berbiaya mahal. Oleh karena itu, terpaksa Joko Anwar mengubur mimpinya. Ia terpaksa memilih jurusan Aerospace Engineering di Institut Teknologi Bandung.

Pada tahun 1999, Joko Anwar lulus dari kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian ia memilih bekerja di The Jakarta Post sebagai seorang wartawan. Profesinya tersebut mengantarkan dia mengenal lebih dalam mengenai film-film yang ada di Indonesia dan dunia. Pada akhirnya, Joko Anwar pun berprofesi sebagai kritikus film.

Sejarah Karir Joko Anwar

Film Joko Anwar Sejarah Karir

Perkenalannya dengan dunia film membuat ia tertarik untuk terjun dalam dunia film di tanah air. Pada akhirnya, dengan sedikit keberanian dan uang, Joko Anwar mulai beralih profesi sebagai seorang sineas film pemula. Pada awalnya, namanya belum dikenal banyak orang. Namun lewat karya-karya film Joko Anwar yang keren dan memikat membuat nama Joko Anwar langsung melejit dalam dunia perfilman Indonesia.

Adapun orang yang pertama kali mengajak Joko Anwar dalm dunia film adalah Nia Dinata. Ia adalah seorang sutradara dan produser film yang sangat handal. Pada suatu hari, Joko Anwar yang saat itu berprofesi sebagai wartawan The Jakarta Post melakukan wawancara dengan Nia Dinata. Namun selepas wawancara, Nia Dinata mengajak kerjasama pada Joko Anwar untuk mengarap film baru. Ia menyuruh Joko Anwar bersamanya untuk turut serta menulis skenarionya bagi film yang direncanakan judulnya Arisan!.

Pada tahun 2003, mulailah Joko Anwar dan Nia Dinata mengerjakan proyek pertama filmya. Setelah film Joko Anwar itu rampung dan ditayangkan secara serentak di sejumlah bioskop, para penonton sangat antusias terhadap film yang ditulis skenarionya oleh Joko Anwar. Sejak saat itulah, nama Joko Anwar mulai diperhitungkan dalam dunia sinema Indonesia.

Kesuksesan film yang dibuat oleh Joko Anwar membuat namanya langsung mendapatkan sorotan publik. Ia banyak diundang ke berbagai seminar dan workshop tentang film Indonesia. Penghasilannya meningkat pesat sejak ia berhasil membuat film Joko Anwar yang sukses di pasarannya. Para kritikus film yang suka mencela banyak film, justru tak dapat mengkritik film Joko Anwar. Mereka menganggap film Joko Anwar sangat bagus dalam skenario dan cerita.

Dengan kesuksesannya di awal karir membuat ia mendapatkan sejumlah penghargaan dari tingkat nasional dan internasional. Seperti penghargaan di tahun 2004 sebagai Best Movie dalam ajang Festival Film Indonesia dan MTV Indonesia Movie Award.

6 Rekomendasi Film Joko Anwar Versi Waabeh

6 Rekomendasi Film Joko Anwar Menurut Waabeh

Keberhasilan Joko Anwar dalam menggarap sebuah film membuat para produser film tertarik untuk menggunakan jasanya. Pada tahun 2005, Joko Anwar pun mulai menyutradarai sejumlah film. Film yang perdana dibuatnya adalah Janji Joni. Film ini memiliki genre komedi romantis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kumpulan film Joko Anwar, antara lain:

1. Janji Joni

Film Joko Anwar Janji Joni

Film yang dirilis pada tahun 2005 ini merupakan film pertama yang disutradarai oleh Joko Anwar. Film ini dibintangi oleh para aktris dan aktor top. Seperti Rachel Maryam, Mariana Renata dan Nicholas Saputra. Janji Joni adalah film dari Indonesia dengan adegan percintaan disertai dengan baluran komedi.

2. Dead Time : Kala

Film Joko Anwar Dead Time Kala

Pada tahun 2007, Joko Anwar membuat film keduanya berjudul Dead Time : Kala. Film ini  disebut-sebut oleh para ahli film dan kritikus film sebagai film kreatif dan inovatif. Film ini mengukir sejarah dalam perfilman di tanah air. Disebabkan ada banyak kejutan, keseruan dan kelebihan yang terdapat dalam film yang dibuat oleh Joko Anwar ini.

3. Pintu Terlarang

Film Joko Anwar Pintu Terlarang

Pada tahun 2009, Joko Anwar tidak mau berpuas diri atas kesuksesannya menyutradarai sejumlah film yang laku keras. Ia membuat film Indonesia lanjutannya yang tak kalah berhasil di pasaran nasional dan internasional.  Genre yang diambilnya adalah horor yang banyak disukai penonton dan sedang tren saat itu di dunia. Pada Festival International Film Rotterdam tahun 2009, Pintu Terlarang mendapatkan kesempatan untuk diputar dalam acara tersebut.

4. A Copy of Mind

Film Joko Anwar A Copy of Mind

Seolah tidak bosan dan berpuas diri dengan karya filmnya yang terus menuai pujian, tahun 2015 Joko Anwar membuat kembali film terbarunya berjudul A Copy of My Mind. Film ini dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Tara Basro. Dari film ini, Joko Anwar sukses mendapatkan banyak piagam dan penghargaan dalam pentas nasional. Seperti pada tahun 2015 dinobatkan sebagai Sutradara Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia.

5. Gundala

Film Joko Anwar Gundala

Pada tahun 2019, Joko Anwar mendobrak dunia perfilman Indonesia yang selama ini monoton. Ia menghadirkan film Indonesia yang mengusung tokoh kepahlawanan Indonesia bernama Gundala. Berkat film inilah, ia kembali mendapatkan sanjungan dan pujian.

6. Perempuan Tanah Jahanam

Film Joko Anwar Perempuan Tanah Jahanam

Di tahun yang sama yakni tahun 2019, Joko Anwar menggarap dua film Indonesia sekaligus yakni Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam. Kedua film joko anwar yang dibuatnya sukses di pasar dalam negeri dan internasional. Film layar lebar dari Indonesia berikutnya adalah Perempuan Tanah Jahanam merupakan film Joko Anwar yang mengambil genre horor.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1466

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Alert: Content is protected !!