Film Hacksaw Ridge (2016): Tentara Amerika Tanpa Senjata

39

Film Hacksaw Ridge merupakan karya biografi perang yang ditulis Andrew Knight dan digarap oleh Mel Gibson. Film ini resmi dirilis pada 4 November 2016 di kawasan Amerika Serikat. Berkat akting memuaskan dari Andrew Garfield, Sam Worthington, Teresa Palmer, dll, sinopsis film Hacksaw Ridge berhasil meraup keuntungan sebesar 180,4 juta dollar AS.

Sinopsis Film Hacksaw Ridge

Film Hacksaw Ridge Sinopsis

Tidak hanya keuntungan, film perang Hacksaw Ridge juga berhasil menyabet berbagai penghargaan. Mulai dari Golden Globe, nominasi Oscar, dan termasuk 10 film terbaik menurut American Film Insitute. Penasaran bagaimana jalan cerita film ini hingga begitu fenomenal? Simak sinopsisnya berikut ini!

Latar Belakang Masalah

Film Hacksaw Ridge Latar Belakang Masalah

Film Hacksaw Ridge dibintangi oleh Andrew Garfield yang berdasarkan kisah nyata ini diawali oleh Tom Doss (Hugo Weaving) yang merupakan seorang veteran tentara Amerika tengah dalam keadaan berduka. Ia berada di dekat batu nisan teman tentaranya yang telah gugur selama Perang Dunia 1.

Seusai ziarah yang dilakukan, Tom kembali ke rumah untuk merawat dan membesarkan anak-anaknya. Ia memberlakukan pengajaran yang religious dan sebisa mungkin menghindari senjata kepada anak-anaknya.

Sementara itu, Desmond T. Doss (Andrew Garfield) yang merupakan anak Tom sedang terlibat perkelaihan. Seusai peristiwa tersebut, Desmond pun bersumpah tidak akan melakukannya lagi dan membaca alkitab semalaman. Sebagai penebusan dosa, Desmond kerap kali membantu orang lain agar ia merasa puas dan terampuni.

Scene beralih ke sebuah rumah sakit, di mana Desmond sedang memeriksakan kesehatannya. Setibanya di sana ia dirawat oleh seorang suster yang bernama Dorothy Schutte (Teresa Palmer). Bukannya mendapat perawatan, Desmond justru mendapat pukulan dari perawat bernama Dorothy tersebut.

Berkat kejadian tersebut, Desmond semakin penasaran dengan Dorothy dan akhirnya mereka berdua resmi berkencan. Dan berniat akan menikahinya dalam waktu dekat.

Pada saat yang sama, Tom mendapat kabar bahwa kedua anaknya akan mendaftar sebagai tenaga medis Angkatan Darat pada Perang Dunia II. Mendengar hal tersebut, ia pun murka dan tidak memberikan ijin. Ketidaksetujuan Tom tersebut dilatar belakangi oleh pelatihan militer yang harus mengunakan senjata api.

Namun Desmond tetap tidak bergeming dan ingin segera berangkat ke For Jackson. Sesampainya di sana, ia ditempatkan pada satu kompi yang dikomandani oleh Sersan Howell (Vince Vaugh).

Selama pelatihan berlangsung, sebenarnya Desmond cukup unggul dalam masalah fisik. Namun ia malah dikucilkan dan dibully oleh teman-teman prajurit karena enggan menggunakan senjata api. Sebagai risiko akibat prinsip yang dipegang, Desmond harus terima ketika diperintah untuk bekerja secara terus-menerus.

Puncak Masalah Film Hacksaw Ridge

Film Hacksaw Ridge Puncak Masalah

Pada satu waktu, Desmond berniat ingin mengambil cuti karena ingin menempati janjinya kepada Dorothy yaitu menikahinya. Namun ia malah dituduh sebagai pembangkang dan kemudian ditangkap untuk dipenjara sementara waktu. Namun akhirnya ia diperbolehkan untuk pulang dan melangsungkan pernikahannya.

Tiba saat di mana Desmond dan rekannya di Angkatan Darat harus terjun langsung ke peperangan. Yaitu Hacksaw Ridge atau tebing Hacksaw. Di sana pertempuran begitu sengit, di mana banyak mayat yang bergelimpangan dengan tubuh yang sudah tidak utuh.

Tentara Jepang yang dikenal brutal dan tak takut mati, rela mengorbankan diri dengan cara menggranat dirinya sendiri agar musuh juga ikut mati. Desmon yang bertugas sebagai tenaga medis pun terus melakukan penanganan medis kepada rekannya yang terluka.

Berbeda dengan tenaga medis lain yang hanya menyelamatkan tentara di garis belakang, Desmond tak gencar untuk maju ke lini perang. Desmond yang tanpa senjata pun akhirnya menjadi sasaran empuk bagi tentara jepang. Namun dengan rasa solidaritas yang tinggi, rekan-rekan yang dulu membulinya justru saling membantu untuk melindungi Desmond.

Banyak tentara yang bisa selamat dengan bantuan Desmon, salah satunya adalah Smitty (Luke Bracey). Malam hari saat beristirahat dari perang, Desmond akhirnya menceritakan mengapa ia tidak mau menggunakan senjata. Yaitu rasa trauma karena Desmond dulunya pernah hampir menembak ayahnya sendiri karena sering mabuk dan menyiksa.

Keesokan paginya tiba-tiba ribuan tentara Jepang menyerang mereka dari bawah tanah. Kalah dalam jumlah dan amunisi, Angkatan Darat AS pun akhirnya terpojok dan dipukul mundur. Banyak prajurit bahkan komandan yang memilih kabur dan menuruni tebing.

Penyelesaian Masalah Film Hacksaw Ridge

Film Hacksaw Ridge Penyelesaian Masalah

Namun tindakan lain diambil Desmond, di mana ia malah maju ke garis depan untuk menyelamatkan banyak prajurit yang terluka. Sambil kucing-kucingan dengan tentara Jepang, Desmond terus mencari korban yang masih bisa ditolong. Sepanjang malam ia melakukan itu, sampai akhirnya banyak prajurit yang berhasil diobati di camp.

Keesokan paginya komandan kaget melihat kejadian itu, dan akhirnya mengetahui bahwa Desmond-lah yang berusaha mati-matian menyelamatkan prajuritnya. Akhirnya ia mengerahkan bala bantuan ke atas tebing untuk menyelamatkan Desmond.

Sebelum itu, Desmond sudah berhasil menuruni tebing dengan keadaan sehat tanpa terluka sedikitpun. Melihat Desmond, rekan-rekan prajurit dan komandan pun kagum dengan keberanian yang dimilikinya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai sinopsis atau jalan cerita lengkap dari film Hacksaw Ridge. Film Barat bertema perang ini cukup fenomenal bahkan mendapat rating cukup tinggi di IMBD. Ingin mendapat pengalaman lebih seru dan menegangkan? Tonton film Hacksaw Ridge secara langsung!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1998

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Alert: Content is protected !!