Film Blair Witch

32

Untuk kamu yang sedang isoman atau kamu yang sudah kehabisan film untuk ditonton guna membunuh waktu, kamu bisa coba film Blair Witch untuk para penggemar film horor. Film ini adalah salah satu film dengan format dokumenter atau film amatir yang menceritakan kejadian horor di sebuah hutan yang bernama Black Hills. Untuk kamu yang penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh film ini, berikut ini ulasan lengkapnya.

Film Blair Witch

Blair Witch Project

Blair Witch adalah film lanjutan dari film berjudul hampir mirip yang diproduksi di tahun 1999. Film ini adalah The Blair Witch Project. Film sekuel pendahulu dari film Blair Witch ini menceritakan 3 orang mahasiswa yang super penasaran dengan hutan Black Hills yang akhirnya menghilang tanpa jejak.

Salah satu dari mahasiswa ini bernama Heather dan merupakan kakak perempuan dari tokoh Blair Witch tahun 2016 yaitu James. Nah film Blair Witch merupakan sebuah film yang bercerita tentang kelanjutan dari film The Blair Witch Project.

Blair Witch menceritakan petualangan sekawanan pemuda yang mencari anggota keluarganya di sebuah hutan yang menjadi di tempat bersemayamnya legenda penyihir jahat yaitu Blair Witch. James yang merupakan tokoh utama dari film Blair Witch dan sekaligus adik dari Heather diceritakan melihat sosok kakaknya yang hilang dalam video yang diunggah di YouTube.

Video ini ternyata di buat oleh 2 orang lokal di hutan Black Hills Forest Burkittsville. Bernama Lane dan Talia. Setelah melihat sosok tersebut, James yakin bahwa sosok adiknya yang muncul dalam video itu masih hidup.

James yang menggebu-gebu kemudian mengumpulkan informasi mengenai legenda penyihir Blair Witch serta mengumpulkan dan juga rekan timnya untuk melakukan penyelidikan. Akhirnya keempatnya yakin untuk melakukan penelusuran ke hutan tersebut.

Sayangnya, setelah sampai di hutan tersebut, bukannya menemukan adik perempuan James, James dan timnya malah tidak bisa menemukan jalan keluar dan tersesat dalam sebuah labirin yang dikelilingi oleh aktivitas sihir jahat.

Film ini adalah sebuah film yang penuh dengan teror dan juga sangat menegangkan. Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi film seru untuk ditonton menemani waktu luang, film ini adalah salah satu film yang paling kami rekomendasikan.

Tokoh- tokoh dalam film Blair Witch

Blair Witch Pemain

Dalam film horor yang menawarkan pengalaman film yang sangat menegangkan ini, jumlah pemainnya memang bisa dibilang sangat sedikit. Tidak salah jika bujet untuk membuat film ini bisa dikatakan cukup kecil. Meski cukup murah, akan tetap keuntungan yang didapatkan oleh film ini sangat banyak lho. Hal ini disebabkan karena film horor yang memiliki tipe dokumentasi ini memang sangat menarik.

Film ini memiliki tipe dokumenter seperti film horor lain seperti Paranormal Activity. Inilah yang membuat film ini memiliki jumlah pemain yang sangat sedikit. Bukan hanya itu, karena film ini memiliki tema video amatir dan sudut pandangnya dilihat dari orang ketiga membuat film ini terlihat semakin real.

Dalam film ini, seperti disebutkan sebelumnya, pemain utamanya hanya ada beberapa orang saja, yang pertama adalah James yang kehilangan adiknya di tahun 1994. James di perankan oleh James Allen McCune. Selain itu, pemain lain dari film ini adalah Callie Hernandez yang memerankan Lisa, Corbin Reid yang memerankan Ashley, Peter yang diperankan oleh Brandon Scott, Lane yang diperankan oleh Wes Robinson, dan yang terakhir adalah Thalia yang diperankan oleh Valorie Currie.

Untuk mendapatkan kerja sama dari para aktor film Blair Witch ini di tahun 2016 ini, memang tidak sesulit mengajak pemain utama dari film The Blair Witch Project. Hal ini disebabkan karena film pendahulu Blair Witch memang bisa dikatakan sukses besar.

Film The Blair Witch Project yang di sutradarai oleh Myrick dan juga Sanchez ini memang mendapatkan aktor dengan cara cukup sulit sekaligus unik. Hal ini disebabkan karena pemeran utama yang di casting untuk film ini merasa bahwa proses pembuatan film ini akan sangat sulit untuk dilakukan. Hal inilah yang membuat Myrick dan Sanchez harus memutar otak untuk meyakinkan para aktor.

Untuk memenangkan hati aktor, keduanya kemudian membuat sebuah situasi untuk meyakinkan bahwa legenda mengenai Penyihir Blair ini benar-benar ada. Hal ini merupakan salah satu proses casting yang sangat unik. Kedua pembuat film ini melakukan upaya berupa menyebarkan kru tim yang menyamar menjadi masyarakat lokal untuk memberikan informasi pada aktor film Blair Witch bahwa legenda penyihir jahat ini benar-benar ada di masyarakat. Sangat unik bukan?

Sutradara dibalik film Blair Witch

Blair Witch Sutradara

Seperti disebutkan sebelumnya, film Blair Witch memang dibuat dengan menggunakan bujet yang minim. Akan tetapi nilai keuntungan film ini bisa dibilang sangat besar. Ini bisa disebut menjadi salah satu bukti kesuksesan dari film horor mengenai penyihir jahat ini.

Kesuksesan dari film Blair Witch ini tidak lepas dari pengaruh dan peran sutradaranya yang hebat. Orang yang ada di balik kesuksesan dari film Blair Witch adalah Adam Wingard. Selain dapat membuat film ini menjadi salah satu film dengan gaya dokumentasi terbaik, Adam juga memiliki strategi marketing yang sangat menarik untuk film ini.

Adam sendiri memang dikenal sebagai salah satu sutradara yang memiliki karier sangat menarik. Adam memulai kariernya sebagai seorang sutradara di usia 19 tahun. Film pertamanya adalah Home Sick yang juga memiliki tema horor. Selain itu, ternyata banyak film besar yang juga merupakan karya dari Adam. Beberapa diantaranya adalah film Death Note dan juga Godzilla vs Kong.

Modal atau Budget pembuatan film Blair Witch

Blair Witch Budget

Seperti disebutkan sebelumnya, film Blair Witch memang merupakan salah satu film yang memiliki modal yang cukup murah. Tentu saja jika dibandingkan dengan film-film sukses lainnya. Hal beberapa modalnya? Untuk biaya pembuatan film ini, diestimasi biaya yang digunakan adalah sekitar USD 5 juta. Jika dilihat dari kacamata pembuat film, uang ini bisa disebut cukup murah.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan alasan mengapa modal pembuatan film ini sangat murah. Salah satunya adalah karena film memiliki pemain yang terbatas. Karena merupakan sebuah film yang dibuat dengan latar belakang sebuah hutan, maka tidak perlu banyak adegan yang membutuhkan sewa lokasi untuk pembuatan film ini.

Meski begitu, film Blair Witch dibuat dengan menggunakan 2 lokasi yaitu di Seneca Creek State Park dan juga di Kota Burkittsville. Karena lokasinya adai di area sub urban, lokasi ini jadi lokasi pas sekaligus murah untuk membuat film ini.

Selain karena lokasi dan pemainnya terbatas, hal lain yang membuat film Blair Witch bisa dibuat dengan modal yang bisa terbilang mini adalah mengenai rumah produksi yang diajak kerja sama oleh creator film ini. Myrick dan juga Sanchez yang berada di balik layar pembuatan film Blair Witch ini memutuskan untuk tidak menggunakan rumah produksi besar untuk membuat film yang sangat mencekam ini.

Selain itu, film yang di bintangi oleh James Allen McCune ini juga memiliki adegan-adegan yang tidak menyulitkan. Hanya membutuhkan suasana yang mencekam dan dukungan audio yang hebat cukup untuk membuat film ini menjadi film yang luar biasa membuat merinding. Yup! Bisa dibilang bahwa film Blair Witch ini merupakan salah satu film yang tidak membutuhkan CGI. Inilah yang membuat produksi film ini jadi lebih murah.

Alasan terakhir mengapa film yang disutradarai oleh Adam Wingard ini bisa selesai dengan bujet yang kecil adalah karena film ini dibuat dengan waktu yang cukup singkat. Untuk menyelesaikan seluruh adegannya, film ini hanya membutuhkan waktu sekitar 8 hari saja.

Keuntungan yang Didapatkan dari Penjualan Film Blair Witch

Film Blair Witch Profit

Banyak pengamat film yang berpikir bahwa membuat film dengan bujet yang kecil akan membuat keuntungan film tidak maksimal. Akan tetapi Blair Witch membuktikan bahwa dalam hal pembuatan film, uang modal sesungguhnya bukan hal yang paling utama. Hal ini terbukti dengan keuntungan yang cukup besar yang diraih oleh film ini.

Dengan menggunakan modal sebesar USD 5 juta, Blair Witch berhasil menguntungkan rumah produksi dengan keuntungan yang tidak kalah besar. Dengan menggunakan modal yang cukup kecil ternyata film horor karya adam ini mampu menghasilkan uang penjualan tiket hingga USD 45 juta dilihat dari situs IMDB. Jika dilihat secara keseluruhan, film ini bisa dikatakan mendapatkan lebih dari 9 kali lipat jumlah modal yang digunakan dalam pembuatan film.

Meski nilai modal yang digunakan untuk membuat film ini cukup murah, tetapi jika dibandingkan dengan sekuel film Blair Witch sebelumnya, yaitu The Blair Witch Project, film ini memang menggunakan dana yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena The Blair Witch Project dulunya dibuat dengan dana sekitar USD 60 ribu saja.

Sayangnya jika dilihat dari rating nya, film ini termasuk film yang mendapatkan rating yang kurang memuaskan. Di IMDB, film Blair Witch ini hanya memiliki rating 5 dari 10. Hal ini disebabkan karena banyak hal. Akan tetapi dengan rating seperti ini, film ini bisa dibilang sukses dengan hasil keuntungan yang didapatkannya. Nah, bagaimana film ini bisa sukses?

Kuncinya memang ada di Adam. Adam meminta pada awal penayangan, film ini hanya akan diputar di beberapa bioskop saja. Hal ini menyebabkan banyak orang penasaran dengan bagaimana jalan cerita dan kengerian yang digambarkan oleh film ini. Setelah ditayangkan secara eksklusif, film ini kemudian di tayangkan serentak sehingga sempat sangat booming pada masanya. Inilah yang membuat film ini menjadi salah satu film yang memiliki keuntungan besar.

Rating Film Blair Witch

Seperti disebutkan sebelumnya, Blair Witch memiliki rating yang kurang memuaskan. Hal inilah yang terkadang membuat penonton enggan untuk mencoba menonton film ini. Padahal untuk penggemar film horor, film ini adalah salah satu film yang sangat cocok dan sangat direkomendasikan.

Dalam ulasan sebelumnya, sudah disebutkan bahwa film Blair Witch ini mendapatkan rating sebanyak 5 dari total rating 10. Tidak tanggung-tanggung, rating yang film ini diberikan dengan nilai sekian sebagai rata-rata dari 43 ribu orang yang telah menyumbangkan pendapatnya.

Meskipun dari nilai totalnya bisa dibilang cukup rendah, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang merekomendasikan film ini. Bahkan ada juga yang memberikan rating 10 untuk film ini. Setidaknya 1.200 orang telah merekomendasikan film ini dengan memberikan rating 10.

Sedangkan di Rotten Tomaatoes, film Blair Witch mendapatkan rating sebanyak 38%. Yang artinya, film ini tergolong sebagai film yang “Rotten” atau buruk. Padahal tidak sedikit yang memuji film ini. Film ini terutama direkomendasikan untuk kamu yang hobi dengan film yang memiliki alur cepat dan membuat kamu perlu tombol pause untuk meredakan ketegangan.

Selain itu, film ini benar-benar pure horor. Kamu tidak akan menemukan selingan-selingan romantis meski ada beberapa pemain yang berstatus sebagai kekasih di dalam film ini. Bahkan kamu mungkin akan merasa mual dengan tragedi dan juga perburuan yang terjadi di dalam film ini. Pokoknya film ini wajib banget ditonton jika kamu ingin memacu adrenalin.

Pada dasarnya, film ini adalah film yang sangat aman ditonton bersama dengan keluarga. Apalagi jika keluarga kamu adalah penggemar film horor. Kamu akan dibuat sangat tegang meski bersama-sama menonton dengan keluarga.

Film Blair Witch ini juga di berikan rating R sehingga aman untuk ditonton bersama. Hanya saja khas film barat, film Blair Witch ini juga memuat cukup banyak bahasa yang kurang nyaman di dengarkan. Meski begitu, adegan sepasang kekasih tidak akan kemu temukan di sini karena sejak kamu menekan tombol play untuk film ini, teror demi teror akan kamu saksikan.

Rumah Produksi Film Blair Witch

Film Blair Witch Rumah Produksi

Dalam ulasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa film Blair Witch bukan film yang dibuat dengan kerja sama bersama rumah produksi yang besar. Untuk rumah produksi yang bekerja sama dengan film Blair Witch ini ada 4 yaitu Lionsgate, Vertigo Entertainment, Room 101, dan yang terakhir adalah Snoot Entertainment.

Selain bekerja sama dengan 4 rumah produksi di atas, film Blair Witch juga mendapatkan perhatian dari rumah produksi lain. Inilah yang membuat film Blair Witch ini menjadi salah satu film yang ikut didistribusikan oleh banyak rumah produksi yang lain.

Kesimpulan Film Blair Witch

Blair Witch adalah sebuah film horor yang akan memberikan gambaran baru mengenai film horor yang sesungguhnya. Teror, cerita yang cepat dan juga tekanan dari karakter jahat sangat melengkapi film ini dan membuatnya jadi salah satu film horor terbaik.

Meski punya rating kurang memuaskan, film ini tetap kami rekomendasikan bagi kamu yang sudah bosan dengan cerita film horor yang itu-itu saja. Di sini kamu akan menemukan teror yang sesungguhnya dan dibuat mual dengan adegan super menegangkan yang akan datang sebelum kamu berhasil menutup mata.

Bagi kamu yang masih ragu apakah film ini layak di tonton atau tidak, ada informasi penting untuk kamu. Bahwa sebagai salah satu film yang dibangun dengan bujet pas-pasan, film Blair Witch ini ternyata pernah menyabet 3 penghargaan dan di nominasikan dalam 7 kategori nominasi.

Bagaimana? Sudah makin penasaran dengan film ini? Untuk kamu yang penasaran dengan film Blair Witch ini, kamu bisa nonton film ini di kanal favorit kamu. Ingat jangan nonton yang bajakan ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 11220

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Alert: Content is protected !!